Dokumentasi Minggu Ke-4


Berikut adalah dokumentasi minggu ke-4 PLP yaitu mulai tanggal 30 Agustus – 3 September 2021.

NUR AMALIA SHOLEHA

Assalammualaikum Wr. Wb.

Ini adalah minggu kedua saya mengajar di kelas XI Tata Boga1 & 2 pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan (PDPM). Pada minggu kedua ini saya melakukan uji kompetensi setelah materi yang saya bawakan pada minggu pertama Hidangan Pembuka (Appetizer) selesai dipelajari oleh peserta didik.

ROY HANAPI

Pembelajaran PJJ yang dilaksanakan pada tanggal 03 September 2021 pukul 09.30 sampai dengan pukul 11.00, mempelajari video-video teknik potongan bahan makanan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan WA grup dengan memberikan link video potongan bahan makanan serta mengadakan tes menggunakan soal pilihan ganda. Pada pembelajaran tersebut suasana dalam pembelajaran sangat aktif.

REFIKA ADINDA INKA

Assalammualaikum Wr. Wb.

Ini adalah minggu kedua saya mengajar di kelas XI Tata Boga 1 & 2 pada mata Tata Hidang. Pada minggu kedua ini saya melakukan uji kompetensi setelah materi yang saya bawakan pada minggu pertama yaitu Perabot di Restoran selesai dipelajari oleh siswa siswi.

TAUFIQUR ROHMAH

Pada tanggal 31 Agustus 2021, saya mengajar kelas X TB 1 dan 2. Mata pelajarannya yaitu PBM dengan materi uji kompetensi unggas. Suasana kelas kondusif dan semua siswa mengerjakan uji kompetensi dengan baik.

RIA NURANI

Memasuki minggu keempat, saya sudah mulai mempersiapkan laporan dan video pembelajaran untuk Penilaian PLP. Selain itu, pembelajaran di kelas pun masih tetap berjalan seperti biasa yakni melalui grup WhatsApp. Pada gambar ini, saya sedang melakukan persiapan pembuatan video pembelajaran pertama saya dengan materi Lembaga Keuangan untuk kelas X.

FIRDA RIZKYATUNNISA SALSABILA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut adalah dokumentasi saat mengajar mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel kelas XI BDP 3 dengan materi Perilaku Konsumen, pada pukul 11.00 WIB. Pembelajaran dilakukan secara daring melalui WhatsApp group. Siswa dan siswi aktif dan sangat antusias saat pembelajaran sedang berlangsung, merespon setiap pertanyaan yang diajukan dan mencatat hal-hal penting saat diskusi.

MICHAELA FEREN GALUH NIRMALA

Pada tanggal 31 Agustus 2021 merupakan hari kedua saya mengajar. Saya mengajar Kelas XI OTKP 1,2, dan 3, pembelajaran dilakukan melalui WhatsApp Group yang dimulai pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB. Di pertemuan kedua saya mengajar bab Regulasi Kepegawaian. Minggu ini juga saya menyusun RPP, membuat media pembelajaran, dan membuat video pembelajaran.

FERRI ANDHIKA UMAR SETIADJI

Kegiatan minggu ini saya mengajar kelas 10 OTKP 1 dan OTKP 2 dengan bab yang sama yaitu tentang tata korespondensi Indonesia.

Di mulai hari Selasa tanggal 31 Agustus saya mengajar kelas 10 OTKP 1 dan 2 dengan materi Korespondensi Indonesia, di Bab 4 ini saya buat menjadi 2 pertemuan, pertemuan pertama saya menggunakan ppt audio dalam penjelasan materi kepada siswa-siswi, kemudian untuk pertemuan yang kedua saya menggunakan Zoom Meeting. Dalam pertemuan pertama saya membuat link presensi melalui Google Form serta pemberian 1 soal untuk pemahaman materi sekaligus sebagai bentuk kehadiran siswa pada pertemuan ini.

Alhamdulillah antusiasme siswa sangat hebat dalam mengikuti pembelajaran dan pengerjaan soal. Jumlah yang hadir kelas 10 OTKP 1 adalah 26 dari total 36 siswa, dan kelas 10 OTKP 2 adalah 28 dari 36 siswa

ALIFIA RAFA NUR TRIANDINI

Pada tanggal 30 Agustus 2021, pukul 11.00 – 12.30 WIB, saya kembali mengajar di kelas X OTKP 1, 2, dan 3. Di pertemuan ini, kami telah masuk ke KD atau bab baru yaitu KD 3 tentang Aplikasi Pengolah Kata. 30 menit sebelum jam pelajaran dimulai, seperti biasa, saya membagikan link presensi namun kali ini menggunakan Zoho Forms. Suasana kelas cukup aktif, banyak peserta didik yang turut berpartisipasi dalam diskusi di grup WhatsApp.

Di minggu ini juga saya menyusun video pembelajaran, PPT, serta merekap nilai peserta didik. Dan tentunya mengelola blog PLP ini.

MURSYD IMAM RIZALDI

Pertemuan ketiga dilakukan via Zoom sembari guru menjalani ujian PLP. Di Zoom ini hanya dihadiri oleh 2 siswa dari 35 siswa. Pada pertemuan ini dengan kelas X BDP 1, saya membawakan materi tentang Klasifikasi dan Spesifikasi Produk. Suasana kelas sangat tidak kondusif dan banyak murid yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan.

VIFI KHOLIFA ANNIS

Praktikan Vifi Kholifa Annis pada hari Senin, 30 Agustus 2021 melaksanakan pembelajaran Bisnis Online dengan materi SEO On-Page untuk kelas XI BDP 3. Praktikan memberikan materi berupa video dan bahan ajar di Classroom untuk selanjutnya melakukan tanya jawab dan diskusi di WAG. Siswa secara aktif merespon pembelajaran, sehingga dapat berjalan dengan baik, menarik dan tidak mengesampingkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

RETA AYU SAPUTRI

ALYA NABILA NOORACHMA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada tanggal 30 Agustus 2021 saya melakukan kegiatan rekap nilai siswa XI BDP 2 SMK Swadaya Temanggung melalui Google Form. Nilai yang saya rekap adalah nilai dari tugas minggu lalu, saya memberikan tugas ke siswa XI BDP 2 yaitu 5 soal essay tulis tangan.

SUPRIYANINGSIH

Senin 30 Agustus 2021 pembelajaran daring melalui telegram Mata Pelajaran Bisnis Online kelas XI BDP 2 SMK Swadaya Temanggung pukul 11.00-12.30. Materi “Penerapan Pemasaran Daring dengan Menggunakan Surel (Email)” yang disampaikan melalui video pembelajaran yang di share melalui link Youtube. Serta pemberian tugas dan diskusi terkait penugasan tentang praktik pembuatan e-mail marketing (newsletter) yang penugasannya adalah berkelompok berpasangan.

REKA WINDARYANI

Pada hari Rabu tanggal 1 September 2021 jam 09.30-11.00, mahasiswa praktikan Reka Windaryani yang mengajar mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X – AKL 1, melakukan kegiatan belajar mengajar meneruskan pertemuan sebelumnya yaitu terkait materi Jenis dan Bentuk Badan Usaha Pembelajaran dilakukan melalui media Whatsapp Group dan terdapat Kuis melalui Quizizz.

SHOFI ANINDYA PUTRI

Kegiatan pada minggu ini, mahasiswa praktikan PLP, Shofi Anindya Putri mengajar kelas X AKL 2 pada mata pelajaran Akuntansi Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu pukul 09.30-11.00. Pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui WhatsApp, dengan bahan ajar yang digunakan adalah mini PowerPoint. Sebagai evaluasi praktikan memberikan kuis di WhatsApp grup dengan sistem “Siapa Cepat, Dia Dapat”, dengan begitu misa memancing keaktifan siswa. Selain itu, untuk menambah keterampilan siswa diberi tugas membuat mind-mapping dengan tema “Bentuk Badan Usaha”. Siswa merespon berbagai tanggapan pada WhatsApp grup yang akan menjadi nilai keaktifan.

DEWI HUSNA

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran 1 pada hari Rabu, 1 September 2021 melalui WhatsApp grup dan Youtube. Materi yang di sampaikan perilaku konsumen dalam bisnis ritel. Peserta didik diminta untuk melihat video materi perilaku konsumen dalam bisnis ritel kemudian peserta didik menjelaskan materi yang sudah dilihat di video tersebut.

Tinggalkan komentar