Dokumentasi Minggu Ke-3


Minggu ke-3 dimulai dari tanggal 23 Agustus sampai 27 Agustus 2021.

NUR AMALIA SHALEHA

Assalammualaikum Wr. Wb.

Ini adalah minggu pertama saya mengajar di kelas XI Tata Boga1 & 2 pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan (PDPM). Pada minggu pertama ini, saya diberikan tugas oleh guru pamong untuk menerapkan bahan ajar yang sudah saya buat. Selain bahan ajar, saya juga sudah mempersiapkan kelengkapan administrasi berupa RPP, Silabus, dll. Pembelajaran masih dilaksanakan secara PJJ (daring). Materi yang saya bawakan pada minggu pertama ini adalah Hidangan Pembuka (Appetizer).

Dan tanggal 27 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang dari jurusan Tata Boga membuat cake tape membantu jasa boga SMK Swadaya Temanggung untuk memenuhi pesanan.

ROY HANAPI

Pembelajaran PJJ yang di laksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021 pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.45, mempelajari tentang materi yaitu potongan bahan makanan pada mata pelajaran boga dasar. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan WA grup dengan menampilkan sebuah PPT materi potongan bahan makanan serta mengadakan sesi tanya jawab. Pada pembelajaran tersebut suasana kelas sangat aktif.

Dan tanggal 27 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang dari jurusan Tata Boga membuat cake tape membantu jasa boga SMK Swadaya Temanggung untuk memenuhi pesanan.

REFIKA ADINDA INKA

Assalammualaikum Wr. Wb.

Berikut adalah minggu pertama saya mengajar di kelas XI Tata Boga 1 & 2 pada mata pelajaran Tata Hidang. Pada minggu pertama ini, saya diberikan tugas oleh guru pamong untuk menerapkan bahan ajar yang sudah saya buat. Selain bahan ajar, saya sudah mempersiapkan kelengkapan perangkat pembelajaran lain yaitu RPP, Silabus, PPT materi, dan video pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan secara PJJ (daring). Materi yang saya bawakan pada minggu pertama ini adalah Perabot di Restoran.

Pada tanggal 26 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu operator dalam mengisi data pokok siswa terkait dengan beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

Dan tanggal 27 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang dari jurusan Tata Boga membuat cake tape membantu jasa boga SMK Swadaya Temanggung untuk memenuhi pesanan.

TAUFIQUR ROHMAH

Pada tanggal 24 Agustus 2021, saya mengajar di kelas X Tata Boga 1 dan 2 dengan mata pelajaran Pengenalan Bahan Makanan. Hari itu, saya memberikan materi berupa PowerPoint mengenai Pengetahuan Bahan Makanan dari Unggas. Pembelajaran dilaksanakan melalui grup WhatsApp, namun peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran.

Pada tanggal 26 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu operator dalam mengisi data pokok siswa terkait dengan beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

Dan tanggal 27 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang dari jurusan Tata Boga membuat cake tape membantu jasa boga SMK Swadaya Temanggung untuk memenuhi pesanan.

RIA NURANI

Pada pelaksanaan PLP 2021, saya mendapat kesempatan untuk mengajar kelas X dan XI AKL. Pada minggu kedua ini, saya melakukan koordinasi dengan guru pamong terkait materi pembelajaran. Di kelas X saya mengajar mata pelajaran Perbankan Dasar dengan materi pendirian dan bentuk hukum bank. Sedangkan untuk kelas XI saya mengajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan materi peluang usaha produk barang/jasa. Pembelajaran di SMK Swadaya Temanggung ini menggunakan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran daring.

FIRDA RIZKYATUNNISA SALSABILA

Assalamualaikum Wr. Wb

Berikut adalah dokumentasi saat mengajar mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel kelas XI BDP 3 dengan materi Sistem Informasi Bisnis Ritel, pada tanggal 25 Agustus 2021, pukul 11.00 WIB. Pembelajaran dilakukan secara daring melalui WhatsApp group. Siswa dan siswi aktif saat pembelajaran sedang berlangsung, merespon setiap pertanyaan yang diajukan dan mencatat hal-hal penting saat diskusi.

Pada tanggal 26 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu operator dalam mengisi data pokok siswa terkait dengan beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

MICHAELA FEREN GALUH NIRMALA

Pada tanggal 24 Agustus 2021 merupakan hari pertama saya mengajar. Saya berkesempatan untuk mengajar Kelas XI OTKP 1, 2,dan 3, pembelajaran dilakukan melalui WhatsApp Group. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian.

FERRI ANDHIKA UMAR SETIADJI

Kegiatan minggu ini saya mengajar kelas 10 OTKP 1 dan OTKP 2 dengan bab yang sama yaitu tentang tata cara bertelepon bahasa inggris dan bahasa asing lainya. Di mulai hari Selasa tanggal 24 Agustus saya mengajar kelas 10 OTKP 1 dengan materi tata cara bertelepon bahasa Inggris dan bahasa asing lainya dan pemberian tugas 2, serta pemberian kuis tentang pemahaman materi yang sudah saya jelaskan melalui PPT audio, pembelajaran yang saya lakukan melalui presentasi audio melalui grup WhatsApp, Alhamdulillah antusiasme siswa sangat hebat dalam mengikuti pembelajaran dan pengerjaan kuis. Jumlah yang hadir adalah 29 dari total 36 siswa.

Kemudian di hari yang sama saya mengajar kelas 10 OTKP 2 dengan materi yang sama dan pemberian tugas 1, serta pemberian kuis yang sama dengan kelas 10 OTKP 1 pembelajaran yang saya lakukan di kelas OTKP 2 ini juga melalui PPT audio via grup WhatsApp. Jumlah kehadiran adalah 30 anak dari total jumlah 36 siswa.

ALIFIA RAFA NUR TRIANDINI

Pada tanggal 23 Agustus 2021, saya mengajar tiga kelas sekaligus pada pukul 11.00 – 12.30 WIB. Kelas yang saya ampu yaitu X OTKP 1, 2, dan 3. Hari itu saya membawakan materi lanjutan Teknik Pengetikan (Keyboarding), yang mana merupakan pertemuan kedua dari KD 3.2. 30 menit sebelum pembelajaran dimulai, peserta didik diarahkan untuk melakukan presensi terlebih dahulu melalui Google Form. Lalu saya mengirimkan PPT materi pertemuan hari itu, dan meminta peserta didik untuk membaca dan memahaminya. Setelahnya, diskusi dilanjutkan di grup WhatsApp kelas masing-masing, peserta didik cukup aktif dalam mengikuti pembelajaran. Setelah pembelajaran berakhir, saya memberikan tugas keterampilan di Google Classroom untuk membuat video praktik/peragaan/demonstrasi tentang tata cara atau sikap mengetik yang tepat.

Pada tanggal 26 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu operator dalam mengisi data pokok siswa terkait dengan beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

MURSYD IMAM RIZALDI

Pembelajaran pada hari Senin, 23 Agustus 2021 yaitu mempelajari tentang merencanakan tampilan produk. pembelajaran ini dilakukan secara luring terbatas dengan prokes yang sangat ketat. Guru menjelaskan materi menggunakan media PPT. Suasana kelas kondusif, siswa aktif dalam diskusi kelas.

Pertemuan kedua dilakukan pada Selasa, 24 Agustus 2021 via WhatsApp. Dalam pembelajaran ini, siswa mempelajari atribut produk secara mandiri melalui buku dan video pembelajaran. Adapun tugas untuk materi ini yaitu meresume materi atribut produk yang ditulis di 1 lembar folio. Suasana kelas kurang kondusif, siswa hanya menanyakan terkait dengan tugas. hanya beberapa orang yang mengumpulkan tugas.

VIFI KHOLIFA ANNIS

Kegiatan minggu ke-3, mahasiswa praktikan Vifi Kholifa Annis yang mengajar mata pelajaran Bisnis online kelas XI – BDP 3, meneruskan pembelajaran minggu lalu berkaitan dengan mengevaluasi website yang telah dilaksanakan melalui Google Meet. Pada hari Senin, 23 Agustus jam 11.00 – 12.30, praktikan mengajar materi membuat website. Pembelajaran dilaksanakan melalui Google Classroom (video pembelajaran yang di unggah di YouTube, modul ringkasan materi dan penugasan membuat website) Rancangan pembelajaran ini disesuaikan karena pada hari Senin 23 Agustus siswa XI BDP sedang melaksanakan pembinaan. Namun walaupun demikian pembelajaran berjalan dengan baik.

Pada hari Rabu 25 Agustus 2021 mahasiswa praktikan Vifi Kholifa Annis melakukan update nilai penugasan dan kuis di Quizizz pembelajaran minggu lalu yakni “mengevaluasi dan merancang sebuah website“. Pada hari Kamis dan Jumat mahasiswa praktikan meneruskan pembuatan RPP, Bahan ajar dan media pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yakni Search Engine Optimization (SEO) – On Page.

ALYA NABILA NOORACHMA

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada tanggal 23 Agustus 2021 adalah hari pertama saya mengajar di SMK Swadaya Temanggung. Saya mengajar kelas XI BDP 2, mata pelajaran yang saya ampu adalah Bisnis Online. Pembelajaran dilakukan pada pukul 11.00 WIB dengan menggunakan Telegram Group, WhatsApp Group, Google Form, dan Youtube.

Pertemuan pertama ini, saya membuka kelas dengan menggunakan Telegram Group lalu melakukan presensi melalui Google Form. Setelah presensi saya memberi link penjabaran materi Search Engine Optimization melalui video pembelajaran di Youtube. Saya memberi waktu siswa untuk menonton dan memahami materi, lalu membuka termin pertanyaan jika ada siswa yang belum paham. Setelah pembelajaran berakhir, saya memberi tugas 5 soal essay dikumpulkan dengan tulis tangan lalu upload melalui Google Form.

SUPRIYANINGSIH

Pembuatan Powerpoint serta pembuatan Video Pembelajaran Materi “Penerapan Pemasaran Daring dengan Menggunakan Surel (Email)” kelas XI BDP 2 SMK Swadaya Temanggung. Video pembelajaran di upload melalui Youtube. Yang kemudian dishare saat pembelajaran di kelas melalui telegram.

REKA WINDARYANI

Pada hari Rabu tanggal 25 Agustus jam 09.30-11.00, mahasiswa praktikan Reka Windaryani yang mengajar mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X – AKL 1, melakukan kegiatan belajar mengajar meneruskan pertemuan sebelumnya yaitu terkait materi Bidang Spesialisasi dan Profesi Akuntansi. Pembelajaran dilakukan melalui media WhatsApp group dan terdapat kuis melalui Google Form.

Pada hari Kamis 26 Agustus, praktikan membuat RPP untuk pembelajaran selanjutnya di minggu ke 4 yaitu terkait materi Jenis dan Bentuk Badan Usaha. Di hari yang sama, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu operator dalam mengisi data pokok siswa terkait dengan beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

Pada hari Kamis 27 Agustus, praktikan Reka Windaryani membuat video Media Pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya di minggu ke 4 yaitu terkait materi Jenis dan Bentuk Badan Usaha.

SHOFI ANINDYA PUTRI

Pada tanggal 25 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP, Shofi Anindya Putri mengajar kelas X AKL 2 pada mata pelajaran Akuntansi Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu pukul 09.30-11.00. Pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui WhatsApp, dengan bahan ajar yang digunakan adalah mini e-book. Sebagai evaluasi praktikan menggunakan Quizizz, agar peserta didik merasa tertarik. Siswa merespon berbagai tanggapan pada WhatsApp grup yang akan menjadi nilai keaktifan.

DEWI HUSNA

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran 1 pada hari rabu, 25 Agustus 2021 melalui WhatsApp grup dan Youtube. Materi yang di sampaikan Penerapan Software Sistem Informasi Manajemen Pada Bisnis Online.

Pada tanggal 26 Agustus 2021, mahasiswa praktikan PLP yang piket pada hari itu diminta untuk membantu guru menginput data beasiswa untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII dari seluruh jurusan.

Tinggalkan komentar